Skip to main content

Perjalanan Manis ke Pulau Bengkalis

Sebuah Catatan Perjalanan Rihlah Qubra Muntijah 2018

Menjelang Dzuhur rombongan rihlah Muntijah Community mulai merapat dan memasuki pelabuhan Pakning. Siang hari udara disekitar pelabuhan terasa panas, antrian parkir kendaraan tampak ramai, rapat dan panjang, lusuh di raut muka mulai terasa, sesekali tanganpun sibuk menyeka wajah yang banjir dan basah oleh keringat, rasa dahaga dan sinyal perut yang lapar mulai melancarkan protesnya, seolah semuanya ingin mencoba menambah ujian kesabaran perjalanan kami. Namun seperti sebelumnya, semua itu tetap tak menyurutkan dan mengurangi semangat dan keceriaan dalam menikmati kebersamaan perjalanan ini, kami tetap kompak antusias untuk sampai ke tujuan rihlah tahun 2018 kami menuju Pulau Bengkalis.

Agak meleset memang dari rencana, jadwal berangkat Shubuh dari Pekanbaru yang mengambil titik kumpul di Masjid Melebung, dalam perjalanannya mengalami gangguan, satu mobil rombongan kami mengalami mogok di tengah perjalanan, akibatnya terhambat waktu beberapa jam lamanya, awal rencana yang ditargetkan sampai Pakning pukul 9 pagi menjadi telat 2-3 jam, dan bahkan setelah coba di derek, keputusan akhirnya dengan terpaksa satu mobil harus kami tinggalkan, Alhamdulillah melalui kolega mitra sesama kader aktivis dakwah mobil bisa kami titipkan dengan aman tanpa meninggalkan rasa khawatir. dan solusi berikutnya kamipun harus mengatur ulang formasi penumpang membaginya kebeberapa mobil yang masih dirasa luang untuk ditambah tumpangan.

Setelah menunaikan Sholat dan menunggu beberapa jam, kapal Roro yang ditunggupun sudah tampak merapatkan tubuh besar perkasanya ke dermaga, seraya membuka lambungnya menyediakan ruang untuk diisi penuh muatan, terlihat para ABK (anak buah kapal) tampak berbagi tugas kerja dengan cekatan, dan rasa antusias mulai menjalar hadir didiri kami terutama anak-anak yang penasaran untuk segera menaiki kapal dan merasakan bagaimana keseruan berdiri dan duduk di geladak kapal Roro, Suatu pengalaman perjalanan yang menarik tentunya dimana menjadi kombinasi perjalanan darat dan laut yang pertama kalinya dalam sejarah rihlah Qubro tahunan kami, sambil membayangkan dalam benak kami mungkin tahun depan perjalanan yang sama berulang kembali dengan tujuan pulau yang berbeda atau malah menyebrang ke negri jiran, atau bisa jadi plus perjalanan melalui udaranya seperti umroh bersama misalnya ke tanah suci. Masya Allah, InsyaAllah Biidznillah..😇😊

Ditengah perjalanan Pekanbaru - Bengkalis salahsatu mobil mogok dan harus diderek.

Kebun Anggur "Madina Garden"

Kurang lebih 1 jam di atas kapal Roro, Pulau Bengkalis sudah Tampak dekat dan jelas, Roropun mulai mengurangi lajunya dan merapat kesalahsatu dermaga, sebagian penumpang sudah sibuk turun ke arah lambung kapal menuju ke tempat kendaraannya di parkir. Tatkala kapal sudah benar merapat dan jembatan penyebrangan sudah bersandar di dermaga, penumpangpun mulai perlahan antri keluar kapal dan memasuki daratan pulau Bengkalis.

Kemudian sekitar 10 menit tidak jauh dari pelabuhan rombongan kami singgah dahulu di rumah orang tua sahabat kami asli putra Bengkalis, sekedar mampir untuk bersilaturahmi sambil sejenak melepas penat berkendaraan. Kami singgah di sebuah rumah sederhana yang Asri berhalaman cukup luas, dan yang membuat kami takjub adalah halaman belakang rumah yang terdapat kebun Anggur, yang tumbuh subur dan rindang bahkan sebagian pohonnya sudah lebat berbuah, kebun yang bernama "Madina Garden" ini seolah menepis kemustahilan dalam pikiran kami, bahwa ternyata di pulau yang berhawa panas, yang payau airnya, dan tidak ada sejarahnya orang bisa bertanam anggur, tapi faktanya di depan kami pohon Anggur bisa tumbuh dengan subur dan berbuah, tentu hal ini karena kesungguhan dan ketelatenan dalam menanam dan merawatnya suatu insfirasi bagi kami tentunya sebuah passion dan totalitas contoh dari  Bapak sahabat kami ini dalam berkebun.

Mengabadikan Moment di Madina Garden

Pantai Selat Baru Dan Senja Yang Meninggalkan Rindu

Setelah cukup beristirahat dan menikmati sejuk dan indahnya kebun anggur, selanjutnya kami meneruskan perjalanan untuk memenuhi undangan jamuan makan siang di rumah salah satu putranya atau adik dari sahabat kami yang asli bengkalis ini, dengan melanjutkan perjalanan ke arah jantung kota Bengkalis  dan masuk menuju komplek perumahan dinas Ketua dan Wakil Ketua DPRD, dengan antusias dan senang hati kami menerima undangan dan menikmati jamuannya, Alhamdulillah kebanggaan tersendiri  kami rasakan bisa bertandang langsung ke rumah dinas pejabat legislatif di Kota Bengkalis.

Selanjutnya setelah cukup makan dan beramah tamah, kami memutuskan untuk langsung ke Pantai Selat baru sebelum singgah ke tempat penginapan. Setengah jam menuju lokasi objek wisata pantai yang dikenal terindah kedua setelah pantai Rupat, menjadi waktu untuk mengejar moment berharga, Alhamdulillah kami semua masih cukup menikmati indahnya panorama Pantai Selat Baru di senja hari walaupun masih terasa kurang, diantara kami ada yang mencari spot berfoto, beberapa diantaranya bermain layangan, dan sebagaian anak-anak asyik bermain ombak dan air laut, senja dengan lembayung berwarna jingga semakin surut dan waktu Magribpun segera tiba, rasa penasaran dan rasa betah menikmati pantai kami relakan dahulu untuk ditinggalkan, biarlah sementara menjadi  kerinduan kami untuk kembali dilain waktu, menikmati pantai Selat Baru dalam pesonanya yang indah di waktu senja.

Suasana Pantai Selat Baru menjelang Senja.

Hotel Wisata, Taman Kota, Pantai Marina dan Cinta Yang Belum Tuntas

Hotel tempat menginap kami berada di pusat kota bersebrangan dengan Masjid Agung Istiqomah, namanya Hotel Wisata Ada 12 kamar yang kami booking dengan harga rata -rata 250.000, per malam cukup standar dimana kami bisa beristirahat dengan nyaman dan privasi, Shubuh hari kamipun bisa sholat ke masjid Agung Istiqomah, selepas shubuh dan setelah zikir dan do'a pagi kami mencoba berjalan-jalan disekitar kota bengkalis. Banyak kedai-kedai kopi yang buka dan ramai pengunjung, yang isinya kaum lelaki sepertinya sajian kopinya begitu istimewa, dan minum pagi sepertinya sudah menjadi budaya warga kota ini. Ada hasrat untuk menikmati hidangan kopi, namun tidak jadi  kami hanya menyempatkan memesan sate khas padang untuk sarapan pagi, lalu segera bergegas pulang ke hotel kembali  untuk mandi.

Sekitar pukul 8 pagi kami berkumpul di Taman Kota di dekat Pantai Marina, menyantap sarapan pagi menu sate padang, sebagaian yang sudah sarapan mulai asyik bermain layangan, dan sebagiannya berfoto dan bermain disekitaran taman kota yang dibuat apik, tiba-tiba salah seorang panitia memanggil dan berseru untuk kumpul, "Waktunya Main Games.. " satu permainan mulai dikenalkan games untuk anak terlebih dahulu, peserta mulai dibagi untuk berlomba, permainanpun dimulai dan keseruanpun semakin bertambah, berlanjut lagi ke games untuk pasangan, "Tebak Kata". suasana menjadi tambah heboh satu pasangan diuji dalam keserasian berkomunikasi dengan kode dan isyarat tubuh untuk bisa menjawab dengan benar soal  kata yang ada dalam secarik kertas..tapi sayangnya  lagi-lagi waktu tidak mengizinkan kami untuk berlama-lama menikmati kebersamaan dan keseruan di kota Jungjungan ini, bahkan kamipun harus bergegas kembali meninggalkan Pulau Bengkalis. beberapa agendapun harus coba kami pangkas  dan salahsatunya seperti acara tukar kado kami laksanakan di Musholla di Pelabuhan, sembari menunggu kapal Roro datang untuk menyebrangkan kami ke Pakning, Perjalanan ini memang tetap menyenangkan dan berkesan namun seperti menyimpan rasa kepenasaran yang belum tertuntaskan, dan semoga itu adalah pertanda cinta akan ukhuwah diantara kami.
Berfoto di Pantai Marina Kota Bengkalis

Pulang dan Mampir di Kota Siak Sri Indrapura

Tepatnya jam 2 siang kami sudah berada kembali di daratan luas sumatera perjalanan pulang menuju Pekanbaru kami agendakan untuk mampir dahulu di Kota Siak, tidak banyak yang bisa kami lakukan rombongan konvoi kamipun sudah tercecer cukup berjauhan, Suasana sore hari di kota siak sepertinya  cukup mengobati kelelahan perjalanan kami, yang belum selesai. sambil menunggu kawan yang lain yang belum tiba kami mencoba untuk menikmati Kota Siak dengan  mencari spot berfoto di sekitar Tugu Naga Bertangkup, menikmati keindahan sungai siak di tepi bandaran Sungai jantan, melihat Istana yang megah berwibawa dan berjalan jalan di halaman sekitar taman. dan sejenak menikmati jajanan yang dijajakan  para pedagang kaki lima sekitar taman istana.

******

Kesan, pesan dan harapan dalam perjalanan rihlah kali ini adalah bahwasanya Kami bisa mengambil banyak hikmah dari mulai proses awal perencanaan hingga dalam pelaksanaanya, Rihlah menunjukan dan mengajarkan pentingnya  sebuah ukhuwah dimana  belajar memahami saudara (tafahum), dan belajar memberi solusi untuk saling membantu (ta'awun), semakin terasa dalam perjalanan kebersamaan dan keakraban yang kami rasakan, Rihlah juga banyak memberi insfirasi dan pengalaman dari hasil tadabbur dan menangani segala problematikanya, dan harapannya semoga Ukhuwah dalam keluarga Besar Muntijah kedepannya semakin kuat dan langgeng hingga Akhirat nanti. Aamiin.

Pekanbaru, di penghujung tahun 2018

👉WUJUDKAN  KLINIK CUCI DARAH UNTUK DHUAFA

Popular posts from this blog

Simpang Tanjung Alam dengan Beberapa Titiknya

Bagi anda yang berdomisili di Kota Bukittinggi dan sekitarnya tentu tidak asing lagi dengan namanya Simpang Tanjung Alam di kawasan Agam Timur, atau bagi anda yang sedang berencana melancong ke Bukittinggi dari arah Pekanbaru maka akan melewati simpang ini yang jaraknya  kurang lebih 3 KM sebelum masuk gerbang kota Bukittinggi. Anda boleh kenali beberapa titik yang bisa anda singgahi sekaligus 'nikmati'. Masjid Nurul Huda Masjid Nurul Huda Masjid ini sangat pas untuk disinggahi para pelancong yang sedang berada dalam perjalanan jalur Pekanbaru - Padang, letaknya memang tidak dipinggir jalan raya sedikit masuk sekitar 100 meter dari simpang empat arah ke kapau,kalau dari arah Padang atau Bukittinggi sebelah kiri posisinya sebaliknya sebelah kanan kalau dari arah Pekanbaru. Masjidnya bagus dan bersih, halamannya cukup luas untuk parkir,  toilet serta tempat wudhunya terawat dan yang terpenting tidak pernah kekeringan air.  Bubur Ayam Bandung Bubur Ayam B

Legenda Wilanagara

Tugu Gerbang Puser Dayeuh. ( sumber foto:Asep Sudiana ) Wilanagara adalah sebuah nama desa yang terletak di timur kawasan Jawa Barat, atau tepatnya desa yang berada di wilayah pemerintahan kecamatan Luragung kabupaten Kuningan. Membahas sebuah tempat ada yang menarik biasanya adalah mengenai asal-usul namanya, yang biasanya berlatar belakang sejarah legenda atau mitos dari cerita orangtua dahulu yang terkadang dihubung-hubungkan supaya terdengar nyambung tak jauh dari namanya yang kadang secara ilmiah dari fakta sejarahnya tidak ada hubungannya, namun walau begitu legenda merupakan hasil budaya yang perlu juga untuk diapresiasi karena sebetulnya sarat  pesan dan symbol untuk memberi motivasi dan warna hidup suatu masyarakat atau  setidaknya bisa jadi dongeng untuk " ngabobodo anu Cengeng " istilah Sundanya. begitupun dengan nama Wilanagara bagaimana sejarahnya seperti apa asal-usulnya?  Asal-usul Wilanagara menurut beberapa Sumber bahwa dahulu  namanya adal

Misteri Sikupung dan Aden-aden

Setiap daerah mesti memiliki mythos yang khas yang berbeda dengan daerah lainnya, walau sebenarnya memiliki latar belakang yang sama atau temanya  selalu  ada keterkaitan dengan hal-hal yang mistis, berupa mahluk halus, mahluk jadi-jadian  dan serupanya . Hal ini sama-sama kita maklumi mungkin inilah sebagai hasil budaya dari orangtua kita di zamannya, bisa saja ini adalah propaganda saat itu atau ada maksud dan tujuannya dan memiliki muatan kepentingan sehingga merasa perlu diciptakan untuk ada,  entahlah. Sikupung dan Aden-aden adalah mahluk misteri bagian dari cerita masa kecil kami dahulu waktu masih di kampung , keduannya adalah mahluk halus nan masih misteri bagi saya sampai sekarang yang  kata warga kampungku dulu  mahluk tersebut biasa menempati serta berkeliaran di sepanjang sungai   Cibangka.sungai yang ada di di Kampung kami. Sikupung menurut yang katanya pernah melihatnya  adalah mahluk yang   berbentuk bulat seukuran buah kelapa licin permukaan kulitnya terdap