Skip to main content

Beberapa Alasan Kenapa harus Menikahi Gadis Minang

"gadih minang klasik"
sumber foto: Tambodunia.blogspot.com 
Jodoh itu 'jorok' istilah orang sunda, karena kadang tak disangka-sangka saja hadirnya bisa saja dipertemukan dengan orang yang jauh atau malah dengan orang yang dekat di sekitar kita, bisa sama yang baru mengenal atau sama yang sudah sangat dikenali sejak lama, itu semua tentunya telah Tuhan atur buat kita.

Rizki dan Jodoh memang sudah diatur dan ditentukan Tuhan, namun kita selaku manusia masih boleh dan mengikhtiarkannya, nah saya selaku "Urang Sumando" (menantu orang Minang) atau lelaki yang menikah dengan wanita asli Minang merekomendasikan "menikahlah dengan Gadis Minang," setidaknya ada 3 alasan mengapa harus menikahi gadis Minang, ini menurutku :

  • Karena Agamanya


Trio Gadih Minang di Rumah Gadang
foto : www.athiekadewi.blogspot.com
Falsafah Minang yang dikenal dengan  "Adat Bersandi syarak Syarak bersandi Kitabullah " sudah menjadi stereotif   kalau yang namanya orang Minang itu mesti agamanya Islam dan kuat.

Rasanya tidak juga berlebihan jika kita mau melihat kultur keislaman orang Minang misal melihat dari para tokoh-tokoh  bapak bangsa asal Minangkabau bisa dikatakan semuanya Muslim yang juga dikenal taat dengan agamanya, sebut saja misalnya ;

Moh. Hatta, Moh. Natsir, Buya Hamka, Isa Anshari, Gofar Ismail dll.. dan jika melihat wanita Minang dahulu dikenal dengan wanita dengan busana baju kurungnya yang sopan dan tertutup. Rasanya dahulu sebelum mode busana  serame sekarang ini model busana wanita di negri ini  bisa kita bayangkan ada model Kebaya ala Jawa, ada Baju Kurung ala Minang, dan tentunya ada baju model ala imperialis eropa dan ala-ala lainnya.

Maka terbayanglah sosok wanita Minang dengan model baju kurungnya dimana akan tampak lebih sopan dan tertutup seperti model Hijab wanita sekarang ini. artinya dari paparan ini kita bisa melihat ada kultur islam yang kental dan kuat pada orang Minang.

  • Karena Adatnya

Para Kaum Ibu dalam acara "Manjampuik"
sumber gambar bachrenifananda.wordpress.com
Minangkabau merupakan suku bangsa yang unik dimana garis keturunannya ditarik dari pihak Ibu (Matrilineal) berbeda dengan umumnya suku bangsa yang mengambil garis keturunan dari pihak ayah (patrilineal) sehingga adatnya memberikan tempat tersendiri bagi wanita, karenanya wanita di Minang menurut adatnya akan menjadi pewaris pusaka tinggi dimana  Rumah Gadang dan tanah pusaka pihak wanita yang akan menjaga dan meneruskan secara turun temurun.

Perlu juga anda ketahui dalam adat budaya Minang seorang lelaki jika menikah dan berkeluarga maka ia akan turut tinggal dan menetap di rumah istri alias numpang atau tinggal di PMI (Pondok Mertua Indah),

Nah bagi anda lajang yang merasa belum mapan dan masih ragu, takut dan berpikiran "Mau dikasih makan apa, dan tinggal dimana istri dan anak nanti..?.  Maka menikahi gadis Minang bisa menjadi alternatif untuk tidak mengurungkan keinginan baik anda, karena urusan tempat tinggal masih bisa numpang dengan mertua belum bekerja masih tersedia lahan bertani kalau anda mau menggarapnya. Namun ini alasan oportunis yang saya sendiri jujur tidak menganjurkannya hehehe..
     

  • Karena Minangnya

Gadih Penari Piring 
sumber foto micolivia.blogspot.com
Menikah itu merupakan bagian proses kehidupan dan jenjang pernikahan itu sendiri juga ada prosesnya, tentunya proses yang syar'i yang saya maksudkan, dimana ada tahap taaruf dan tahap mengkhitbah, Khitbah dalam istilah kita artinya meminang.

Maka jika anda menikah dengan orang Minang tentunya anda akan ada proses Meminang , namun kalau dengan orang Sunda berarti Menyunda, terus kalau dengan orang Jawa berarti Menjawa, dst.,

Lebih tepatnya alasan ini karena ada kata Minangnya hehehe..maaf bercanda ini hanya alasan yang mengada-ada.

tarimokasih..



SITUS ZAKAT INFAQ SHODAQOH YG MEMUDAHKAN




Comments

Unknown said…
Superhero Bulking Program Review

I have turned many skeptics into believers. People have been very pleased with the Y44 method. If you are a senior or significantly out of weight training shape, please see your doctor and get her or his approval before you attempt the Y44 (I always emphatically recommend getting a full physical before undertaking any new workout regimen). Yes, it's that intense. This is NOT a beginner's workout.

http://thebonusbustersreviews.com/superhero-bulking-program-ebook-review/
Seo479 said…
This comment has been removed by a blog administrator.

Popular posts from this blog

Simpang Tanjung Alam dengan Beberapa Titiknya

Bagi anda yang berdomisili di Kota Bukittinggi dan sekitarnya tentu tidak asing lagi dengan namanya Simpang Tanjung Alam di kawasan Agam Timur, atau bagi anda yang sedang berencana melancong ke Bukittinggi dari arah Pekanbaru maka akan melewati simpang ini yang jaraknya  kurang lebih 3 KM sebelum masuk gerbang kota Bukittinggi. Anda boleh kenali beberapa titik yang bisa anda singgahi sekaligus 'nikmati'. Masjid Nurul Huda Masjid Nurul Huda Masjid ini sangat pas untuk disinggahi para pelancong yang sedang berada dalam perjalanan jalur Pekanbaru - Padang, letaknya memang tidak dipinggir jalan raya sedikit masuk sekitar 100 meter dari simpang empat arah ke kapau,kalau dari arah Padang atau Bukittinggi sebelah kiri posisinya sebaliknya sebelah kanan kalau dari arah Pekanbaru. Masjidnya bagus dan bersih, halamannya cukup luas untuk parkir,  toilet serta tempat wudhunya terawat dan yang terpenting tidak pernah kekeringan air.  Bubur Ayam Bandung Bubur Ayam B

Legenda Wilanagara

Tugu Gerbang Puser Dayeuh. ( sumber foto:Asep Sudiana ) Wilanagara adalah sebuah nama desa yang terletak di timur kawasan Jawa Barat, atau tepatnya desa yang berada di wilayah pemerintahan kecamatan Luragung kabupaten Kuningan. Membahas sebuah tempat ada yang menarik biasanya adalah mengenai asal-usul namanya, yang biasanya berlatar belakang sejarah legenda atau mitos dari cerita orangtua dahulu yang terkadang dihubung-hubungkan supaya terdengar nyambung tak jauh dari namanya yang kadang secara ilmiah dari fakta sejarahnya tidak ada hubungannya, namun walau begitu legenda merupakan hasil budaya yang perlu juga untuk diapresiasi karena sebetulnya sarat  pesan dan symbol untuk memberi motivasi dan warna hidup suatu masyarakat atau  setidaknya bisa jadi dongeng untuk " ngabobodo anu Cengeng " istilah Sundanya. begitupun dengan nama Wilanagara bagaimana sejarahnya seperti apa asal-usulnya?  Asal-usul Wilanagara menurut beberapa Sumber bahwa dahulu  namanya adal

Misteri Sikupung dan Aden-aden

Setiap daerah mesti memiliki mythos yang khas yang berbeda dengan daerah lainnya, walau sebenarnya memiliki latar belakang yang sama atau temanya  selalu  ada keterkaitan dengan hal-hal yang mistis, berupa mahluk halus, mahluk jadi-jadian  dan serupanya . Hal ini sama-sama kita maklumi mungkin inilah sebagai hasil budaya dari orangtua kita di zamannya, bisa saja ini adalah propaganda saat itu atau ada maksud dan tujuannya dan memiliki muatan kepentingan sehingga merasa perlu diciptakan untuk ada,  entahlah. Sikupung dan Aden-aden adalah mahluk misteri bagian dari cerita masa kecil kami dahulu waktu masih di kampung , keduannya adalah mahluk halus nan masih misteri bagi saya sampai sekarang yang  kata warga kampungku dulu  mahluk tersebut biasa menempati serta berkeliaran di sepanjang sungai   Cibangka.sungai yang ada di di Kampung kami. Sikupung menurut yang katanya pernah melihatnya  adalah mahluk yang   berbentuk bulat seukuran buah kelapa licin permukaan kulitnya terdap